Senin, 06 Oktober 2014

                Assalaamu'alaikum Wr. Wb. semuanya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hubungan antara ilmu sosial dasar dengan sistem informasi, tapi sebelum kita bahas, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu ilmu sosial dasar, dan untuk tujuan apa ilmu sosial dasar itu.

Pengertian Ilmu Sosial Dasar

             Ilmu adalah sebagian pengetahuan yang bersifat koheren, empiris, sistematis, dapat diukur dan dibuktikan, sedangkan sosial dapat berarti kemasyarakatan, dan pengertian dasar dalam bahasa Indonesia adalah bawah atau tingkatan pertama.

              Sedangkan Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.

         Ilmu sosial dasar juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan dengan memberikan pengetahuan umum kepada masyarakat tentang konsep kehidupan bermasyarakat yang memberikan nilai dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.


Pengertian Ilmu Sosial Dasar Menurut Para Ahli

Ada juga beberapa pengertian Ilmu sosial dasar menurut para ahli, diantaranya yaitu:

A. LEWIS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.


B. KEITH JACOBS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

C. RUTH AYLETT
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.

D. PAUL ERNEST
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

E. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.

F. ENDA M. C
Ilmu Sosial Dasar adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan.

G. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

H. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan.

I. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan para individu.


Sedangkan menurut saya sendiri, Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu yang membahas seputar kegiatan-kegiatan dan masalah-masalah yang berkaitan dengan kemasyarakatan.


Cabang-cabang Ilmu Sosial Dasar

Cabang-cabang Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah :

1. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari manusia pada umumnya, dan khususnya antropologi budaya, yang mempelajari segi kebudayaan masyarakat
2. Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat
3. Geografi adalah ilmu yang mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi
4. Linguistik adalah ilmu yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa
5. Politik adalah ilmu yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia termasuk negara
6. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental
7. Sejarah adalah ilmu yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia
8. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dan hubungan antar manusia yang  dalamnya

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Adapun tujuan Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah :

1. Untuk menambah wawasan tentang berbagai macam kejadian sosial yang ada di lingkungan masyarakat, kepribadian luas dan dapat bermusyawarah dengan satu sama lain.
2. Dapat memahami masalah sosial yang ada di dalam masyarakat.
3. Membantu perkembangan pemikiran kita dalam bersosialisasi.
4. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
5. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
6. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
7. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.  

                Tujuan diberikannya mata kuliah ilmu sosial dasar yaitu dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, perpepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.

Pengertian Sistem

                 Pengertian sistem menurut Wikipedia indonesia adalah sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Pengertian Informasi

                Menurut Davis dalam Abdul Kadir (2003: 28) Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.


Pengertian Sistem Informasi

               Definisi dari Sistem Informasi sendiri ialah Suatu Sistem terintegrasi yang mampu menyediakan Informasi yang bermanfaat bagi penggunanya. Atau; Sebuah Sistem terintegrasi atau Sistem manusia-mesin, untuk menyediakan Informasi untuk mendukung operasi, manajemen dalam suatu organisasi. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan basis data.

              Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

            Sedangkan Menurut Robert A. Leitch: Sistem Informasi adalah suatu Sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

                Dan menurut saya, sistem informasi adalah suatu kumpulan yang saling berhubungan dan berkaitan dengan penggunaan, pengumpulan, dan pengembangan informasi.

Komponen Fisik Sistem Informasi

Komponen Fisik Sistem Informasi :
1. Perangkat keras komputer: CPU, Storage, perangkat Input/Output, Terminal untuk interaksi, Media komunikasi data.
2. Perangkat lunak komputer: perangkat lunak Sistem (Sistem operasi dan utilitinya).
perangkat lunak umum aplikasi (bahasa pemrograman), perangkat lunak aplikasi (aplikasi akuntansi dll).
3. Basis data: penyimpanan data pada media penyimpan komputer.
4. Prosedur: langkah-langkah penggunaan Sistem.
5. Personil untuk pengelolaan operasi (SDM), meliputi:
- Clerical personnel (untuk menangani transaksi dan pemrosesan data dan melakukan inquiry = operator).
- First level manager: untuk mengelola pemrosesan data didukung dengan perencanaan, penjadwalan, identifikasi situasi out-of-control dan pengambilan keputusan level menengah ke bawah.
- Staff specialist: digunakan untuk analisis untuk perencanaan dan pelaporan.
- Management: untuk pembuatan laporan berkala, permintaan khsus, analisis khusus, laporan khsusus, pendukung identifikasi masalah dan peluang.

Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Sistem Informasi

Contoh perkembangan sistem informasi adalah internet, dimana dengan internet tersebut memberikan dampak yang besar dalam dunia kemasyarakatan baik dalam segi positif maupun segi negatif.

Adapun dampak positif yang ditimbulkan dari penggunaan internet terhadap kehidupan manusia sehari-hari adalah :
1. Penyebaran Informasi lebih cepat, luas dan mudah
Karena konsep internet yang dapat menghubungkan semua pengguna-nya dan dengan adanya mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, wikipedia, dan lain lain maka pengguna internet dapat menemukan informasi yang ingin didapatkan dengan cepat dan mudah. Dengan alasan ini internet sekarang menjadi media nomor satu dalam penyebaran informasi di antar Negara.

2. Memajukan kualitas dan kuantitas dalam dunia pendidikan
Dengan adannya fasilitas pendidikan yang dibangun di dunia internet seperti e-Learning maka penyebaran pendidikan menjadi lebih mudah, lebih atraktif dan lebih komunikatif. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam dunia pendidikan.

3. Memudahkan Birokrasi dalam pemerintahan
Sering sekali masyarakat mengeluh terhadap birokrasi yang panjang dan sulit dalam urusan pemerintaBahkan sampai saat ini sifat copyleft lebih banyak daripada copyrhan, tapi dengan adanya pemanfaatan di dunia internet maka birokrasi pemerintahan menjadi lebih mudah dan cepat, contohnya adalah penerapan sistem online terhadapt urusan pemerintahan, sehingga masyarakat tidak harus menhabiskan banyak waktu dalam mengurus kegiatan pemerintahan. Tapi di Negara yang masih berkembang seperti Indonesia pemanfaatan ini belum di gunakan secara maksimal.

4. Memajukan dunia bisnis
Tersedianya fitur-fitur di internet seperti e-mail daalam dunia bisnis sehingga dunia bisnis saat ini dapat menjadi lebih berkembang.

5. Mendukung kehidupan sosial dalam masyarakat
Pemanfaatan inilah yang sering dirasakan di kalangan dunia masyarakat terutama dalam kalangan pemuda, dengan adanya fasilitas di internet seperti e-mail, chating dan situs jejaring sosial (seperti facebook, friendster dan twitter) dapat menjadi terobosan baru di dalam kehidupan sosial masyarakat. Karena hal ini dapat menjadi sarana penghubung antar manusia tanpa harus bertatap muka.

Walaupun begitu banyak dampak positif yang didapatkan dari internet, ada pula dampak negatif yang ditimbulkan, antara lain :
1. Pelanggaran Hak Cipta
Jelas sekali dengan adanya internet pembajakan dalam berbagai bidang seperti teknologi, musik, film menjadi lebih mudah. Bahkan sampai saat ini sifat copyleft lebih banyak daripada copyright.

2. Kasus Pornografi
Pada tiap tahunnya semenjak kelahiran internet situs yang memuat informasi pornografi semakin meningkat, tentunya ini dapat merusak kehidupan manusia tentunya di kalangan anak di bawah umur, karena internet dapat diakses oleh siapapun.

3. Kecanduan Internet
Melalui game online yang terintegrasi dengan internet sering sekali banyak orang (terutama anak dibawah umur) kecanduan untuk memainkan game ini melebihi batas.

4. Kurang Bersosialisasi Terhadap Masayarakat Sekitar
Kehidupan sosial masyarakat juga ikut berdampak akibat perkembangan informasi tersebut, terutama pada perkembangan internet. Dampak dari pengaruh tersebut adalah kurangnya sikap gotong-royong dari masyarakat, individualisme terlihat pada masyarakat kota. Hubungan sosial yang terjalin di masyarakat kita bisa hanya dengan menggunakan via hand phone atau via email. Memang cara seperti itu praktis, cepat dan mudah. Tapi tanpa sadar mereka tidak dapat bersilaturahmi secara langsung.

Kesimpulan


Dengan diberikannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar maka Mahasiswa dapat menelaah masalah-masalah sosial yang kerap terjadi di masyarakat. Jadi Mahasiswa juga dapat memperoleh gagasan dalam pembuatan karya yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat. Suatu contoh pada saat ini tengah marak penggunaan sosial media seperti facebook, twitter, foursquare, Instagram, dll. Semua itu adalah gagasan yang didapat dari pemikiran tentang permasalahan sosial, sosial media tersebut diciptakan untuk membuat masyarakat menjadi mudah dalam berkomunikasi dan saling terhubung walaupun saling berjauhan.


Dan pada masa sekarang ini, perkembangan sistem informasi sangat berkaitan erat dengan kesosialisasian, bahkan hampir tidak mungkin untuk dipisahkan walaupun banyak dampak negatif yang ditimbulkan disamping dampak positifnya. Dan dengan mempelajari Ilmu Sosial Dasar (ISD) ini, diharapkan kita semua lebih menghargai kesosialisasian diantara kita, serta kita harus lebih beretika dan lebih beradab terhadap perkembangan sistem informasi di masa sekarang ini dengan mempertimbangkan aspek sosialisasi (kemasyarakatan) diantara kita.


Referensi:

http://blog-pinta.blogspot.com/2012/11/tugas-1pengertian-ilmu-sosial-dasar.html
http://chairulhardiyantomaulana.blogspot.com/2010/02/hubungan-sistem-informasi-dan-ilmu.html
http://arifbudimanhsb.blogspot.com/2013/02/hubungan-ilmu-sosial-dasar-dengan_14.html
http://jackysitinjak.blogspot.com/2011/04/ilmu-budaya-dasar-dan-hubungan-nya.html
http://id.wikipedia.org
http://iqbalnazar.wordpress.com/2012/10/02/keterkaitan-sistem-informasi-ilmu-sosial-dasar/

0 komentar:

Posting Komentar