PEMASARAN GLOBAL
Assalaamu'alaikum
all, kita lanjut ke pembahasan berikutnya tentang pemasaran global. Langsung
aja kita ke pembahasannya :
Definisi
Pemasaran Global
Pemasaran
global adalah pemasaran berkala seluas dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi
semua pelaku usaha, tak terkecuali di pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif
dan mau berinovasi dalam mengembangkan pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu
tak mudah ditenggelamkan oleh setiap perubahan tantangan bisnis meski tantangan
yang datang semakin berat. Bagi para pebisnis sejati, kesulitan justru menjadi
cambuk yang melecut semangat untuk memecahkannya sehingga usaha dapat semakin
berkembang dan maju. Karakter semacam itu tampaknya juga melekat pada sederet
pengelola perusahaan di Indonesia yang juga terlihat dari kinerja perusahaan
yang dikelola yang hasilnya memang super.
Latar
Belakang Pemasaran Global
Manajemen
Pemasaran Global adalah Disiplin ilmu universal dapat diterapkan di mana saja,
baik di Amerika atau di Jepang.Kebiasaan pemasaran bervariasi dari satu negara
ke negara lain. Konsep Pemasaran : Sekitar tahun 1960 konsep pemasaran
strategis, dengan konteks lingkungan eksternal yang lebih luas spt pelanggan,
persaingan, kebijakan dan peraturan pemerintah, ekonomi secara luas, dan
tekanan ekonomi makro yang membentuk evolusi pasar. Selain itu tujuan pemasaran
yang berubah secara drastis, dari laba ke keuntungan bagi pemercaya
(stakeholder) Tiga Prinsip Pemasaran1. Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai2.
Keunggulan Kompetitif atau Diferensial3. Fokus Pentingnya Pemasaran Global
Pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah
perusahaan terhadap peluang pemasaran global.
Sejarah
Pemasaran Global
Tahun
1980an menandai dekade pertama saat perusahan domestic seluruh dunia harus
mulai berpikir secara global. Waktu dan jarak menyusut dengan cepat sejalan
dengan arus komnikasi, transportasi dan finansial lebih cepat. Produk yang hanya
dikembangkan pada satu Negara mendapat sambutan yang antusias dari Negara lain.
Beberapa
perusahaan telah melakukan pemasaran internasional selama beberapa decade
sebagai contoh nestle,shell, bayer, Toshiba dan perusahaan multinasional
lainnya dikenal oleh sebagian besar
konsumen didunia. Tetapi persaingan global saat ini semakin intensif, perusahaan yang tidak pernah berpikir akan
bersaing akan perusahaan lainya dari luar negeri, seketika akan mendapatkan pesaing
dari luar negeri didepan mereka
Berita
utama surat kabar harian melaporkan kemenanhan jepanh atas produsen Amerika
dalam computer elektronik, sepeda motor, mesin foto kopi, kamera dan arloji.
Keuntungan impor jepang, jerman, swedia, korea tentang serangan perusahaan
perancis Bies terhadap gillerie mengenai keuntunhan dipasar kopi dan permen.
Mengenai bagian kerugian sepatu dan tekstil terhadap barang impor dunia ketiga.
Nama nama seperti Sony, Honda, nestle, Mercedes benz dan Volkewgwn merupakan
kata kata yang terkenal luas banyak perusahaan yang diperkirakan amerika
benar-benart perusahaan asing. Perusahaan amerika mengeluh kepada perusahaan
asing sedang membeli amerika. Pembelian tanah oreng jepang di hawai, pembelian
Roekefeller center oleh jepang. Arab membeli gedung perkantoran Manhatian dan
sebuah tawaran dari syah Saudi untuk memebeli Alamo bagi putranya..
Walaupun
ada inovasi asing yang dibendung melalui perundang-undangan yang protektif, roteksi dalam jangka panjang
hanya meningkatkan biaya hidup melindungai perusahaan domestic yang tidak
efisien. Jawaban yang tepat, perusahaan harus belajar bagaimana cara memasuki
pasar luar negeri dan meningkatkan daya saing global mereka.
Tiap
pemerintah menjalankan program promosi ekspor, yang isinya membujuk perusahaan
local untuk mengekspor. Denmark membayar lebih separuh gaji konsultan pemasaran
yang membantu perusahaan Denmark kecil dan menengah untuk melaakukan ekspor.
Banyak Negara bertindak lebih melakukan subsidi terhadap perusahaan yang mau
melakukan ekspor. Sehingga dapat membebankan harga yang lebih rendah daripada
pesaing asing.
Semakin
lamban perusahaan mengambil langkah ke internasional maka akan semakin besar
resiko mereka terhalang kepasar yang bertumbuh di eropa barat, eropa timur dan
lainnya. Saat ini Negara anggota pasar bersama eropa membuka hambatan arus
barang, jasa, uang dan orang dari mereka ,elakukan deregulasi bisnis. Peluang
baru terbuka dinegara bagian eropa timur karena berjuang untuk mengubah
perekonomian Negara terpimpin menjadi perekonomian yang digerakkan pasar.
Semua
perusahaan harus memusatkan pada pertanyaan-pertanyaan mendasar yaitu kehadiran
pasar apa yang seharusnya kita coba di negara kita di benua kita dan secara
global? Dimana kita ber\produksi atau memulai produkkita? Apa aliansi strategis
yang harus kita bentuk dengan perusahaan lain?
Ironisnya
semantara perusahaan harus masuk dan bersaing dipasar luar negeri yang
mempunyai resiko tinggi, ada beberapa masalah utama yang menjadi perhatian
mereka :
- Besarnya hutang luar negeri. Banyak Negara dengan pasar yang menarik telah menimbun hutang luar negeri yang sangat besar sehingga mereka bahkan tidap mampu membayar hutangnya.
- Pemerintah tidak stabil. Hutang tingi, inflasi tinggi, pengangguran tinggi dibeberapa Negara telah mengakibatkan pemerintahan yang tidak stabil. Sehingga timbul bagi perusahaan asing resiko pengambilalihan, nasionalisasi batas repatriasi laba dan seterusnya.
- Masalah nilai tukar luar negeri. Tingginya hutang dan ketidakseimbangan ekonimi dan politik memaksa mata uang suatu Negara untu nerfluktuasi atau menurun nilai tukarnya. Perusahaan asing ingin pembayaran dengan uang yang nilainya relative tetap, namun dibanyak pasar hal ini tidak tersedia. Investor akan ragu dan membatasi perdagangan.
- Persyaratan masuk dan birokrasi pemerintah asing. Pemerintah menetapkan banyak peraturan bagi perusahaan asing seperti mensyaratkan usaha bersama dengan saham mayoritas untuk sekutu domestic, embatasan repatriasi laba, alih teknologi, mempekerjakan orang pribumi.
- Tarif dan hambatan perdagangan lainnya. Pemerintah sering mengenakan tarif yang tinggi untuk melindungi industry mereka. Mereka juga berusaha melakukan hambatan perdagangan yang tidak kelihatan seperti memperlambat persetujaun impor, mensyaratkan penesuaian produk yang mahal dan maemperlambat pemeriksaan atau pengeluaran barang yang masuk.
- Korupsi. Pejabat dibeberapa Negara harus disuap untuk mendapatkan kerja sama. Mereka manghargai bisnis dengan harga suap yang tertinggi daripada penawaran yang terendah.
- Pembajakan teknologi. Perusahaan menempatkan pabriknya diluar negeri kuatir manajer asing belajar bagaimana membuat produknya dan memisahkan diri untuk bersaing secara terbuka atau tersembunyi. Hal ini telah terjadi diberbagai bidang seperti mesin, elektronik, kimia dan farmasi.
- Tingginya biaya produk dan adaptasi komunikasi. Perusahaan yang bergerak diluar negeri harus mempelajari tiap pasar asing dan hati-hati menjadi sensitive terhadap perekonomian hokum, poloti dan budayanya serta menyesuaikan produknya dalam berkomunikasi terhadap selera asing.
Orang
dapat menyimpulkan bahwa perusahaan akan menemui ajalnya apakah akan tetap
dinegaranya atau diluar negeri. Kita berargumen bahwa perusahaan yang menjual
diindustri global, tidak memiliki pilihan kecuali menginternasionalisasi
operasi mereka.
Industry
global adalh industry dimana posisi strategis pesaing dalam pasar geografi
utama atau nasional dipengaruhi secara mendasar oleh posisi global mereka
secara keseluruhan,
Dengan
dmikian suatu perusahaan global adalah perusahaan yang dalam operasinya lebih
dari satu Negara, memperoleh keuntungan litbang, produksi logostik, pemasaran
dan finansial dalam biaya serta reputasinya yang tidak tersedia bagi pesaing
domestic murni.
Perusahaan
domestic dalam industry global harus bertindak sebelum jendela luar negeri
tertutup bagi mereka. Mengingat perusahaan dari Negara lain menglobal dengan
cepat. Hal ini tidak bererti bahwa perusahaan dalam ukuran kecil dan menengah
harus beroperasi dilebih selusin Negara agar sukses. Perusahaan ini dapat
melakukan pencerukan global seperti yang banyak dilakukan perusahaan
skandinavia, Benelux.
Manfaat
Pasar Global
Ada 2 manfaat yaitu:
- mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi, dan
- untuk bertahan hidup.
Orientasi Manajemen :
- Etnosentris
- Polisentris
- Regiosentris
- Geosentris
Hal
yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global
Pemasaran
global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang
mendorong dan yang menghambat.
Hal yang mendorong di
antaranya adalah :
- kebutuhan dan keinginan
pasar –
teknologi - perbaikan transportasi
- biaya
- kualitas
- perdamaian global
- pertumbuhan ekonomi
dunia
- mengenali peluang
untuk mengembangkan daya tuas secara global
Hal yang menghambat :
- perbedaan pasar
- kecadokan manajemen
- budaya organisasi
- kendali nasional
Konsep
Pemasaran Global
1. Kebutuhan, Keinginan
dan Permintaan
Ada perbedaan antara
kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana
manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh
masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi
manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut.
Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta
kesediaan membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung dengan daya
beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan;
kebutuhan sudah ada sebelumnya Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan
dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah
didapatkan oleh pelanggan yang dituju.
2.Produk
Produk adalah sesuatu
yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya
suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat
diberikannya Oleh karena itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk
fisik dan jasa yang diberikan produk tersebut.
3. Nilai, Biaya dan
Kepuasan
Nilai, Biaya dan
Kepuasan Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk
untuk memenuhi kebutuhannya Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk
memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang
akan memberi kepuasan total paling tinggi. Nilai setiap produk sebenarnya
tergantung dari seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk ideal,
dalam ini termasuk harga.
4. Pertukaran,
Transaksi dan Hubungan
Pertukaran, Transaksi
dan Hubungan Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi
manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang
memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran.
Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari
seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan
proses dan bukan kejadian sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam
suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan.
Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan
pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi, maka
hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur
dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis clan sosial yang kuat
dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali,
tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan
serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajar secara
kesinambungan.
5.Pasar
Pasar Pasar terdiri
dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu
serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau
keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual
melakukan transaksi pada suatu produk.
6. Pemasaran dan
Pemasar
Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran
maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi
dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah orang yang
mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai
untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain,
maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.
Segmentasi
Pasar Global
Segmentasi
Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang
berbeda yangg mungkin menghendaki bauran produk atau pemasar yang terpisah.
1.Pemasaran Massal (Mass Marketing): penjual memproduksi, mendistribusi- kan,
dan mempromosikan secara massal sebuah produk kepada seluruh pembeli.Pemasar
tersebut menciptakan pasar potensial terbesar, biaya paling rendah, harga lebih
rendah atau marjin yang lebih tinggi. 2. Pemasaran Segmen : Peursahaan
menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku
pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar
dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu
atau beberapa segmen. 3.Pemasaran Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam
segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan
lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi
beberapa subsegmen 4.Pemasaran Mikro : Praktik penyesuaian produk dan program
pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global
https://bintangfararyani.wordpress.com/2013/02/03/pemasaran-global-philip-kotler-dkk/
0 komentar:
Posting Komentar