Senin, 21 Desember 2015

BAGAN ORGANISASI


Assalaamu'alaikum all. Kita lanjut ke pembahasan berikutnya tentang Bagan organisasi. Kita langsung aja ke pembahasan ya!!!


PENGERTIAN BAGAN ORGANISASI

Bagan organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan , dan  bagan juga disebut dengan gambar rancangan, gambar denah, skema. Bagan ialah alat berupa gambaran secara analisis dan statistik tentang proses yg terjadi dalam alam, teknologi dan masyarakat.

Contoh Bagan Organisasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara :

 

  

Bentuk-bentuk Bagan Struktur Organisasi

Adapun macam-macam bentuk Bagan Organisasi adalah :

1. Bentuk Piramid.

Bentuk ini yang paling banyak digunakan, karena sederhana, jelas dan mudah dimengerti. Bagan organisasi bentuk piramid adalah suatu organisasi dimana bentuk bagan organisasi tersebut menyerupai piramid. Dimana suatu pimpinan tertinggi ada di paling atas piramid dan tingkatan pimpinan menengah dan bawahan ada di bagian-bagian bawah. Bentuk piramid sering kali dipakai di organisasi-organisasi, karna bentuk piramid ini mudah dimengerti dan dipahami.

Type piramid memiliki ciri-ciri antara lain ialah:

  • Memiliki jumlah organisasi yang tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit.
  • Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak.
  • Pada jumlah jabatan sedikit sebab tingkat tingkat relatifnya kecil.

 





2. Bentuk Vertikal.

Bentuk vertikal agak menyerupai bentuk piramid, yaitu dalam pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah, hanya bagan vertikal berwujud tegak sepenuhnya.


 





 3. Bentuk Horizontal.

Bagan ini digambarkan secara mendatar. Bagan organisasi bentuk horizontal atau mendatar adalah bentuk bagan organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk atau ujung  pimpinan tertinggi sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari kiri kearah kanan atau sebaliknya.




4. Bentuk Lingkaran.

Menggambarkan hubungan antara satu jabatan dengan jabatan . Bagan organisasi bentuk lingkaran adalah suatu bentuk bagan organisasi dimana satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari luar bidang lingkaran ke arah titik tengah pusat lingkaran dimana di titik tengah adalah pejabat atau pimpinan tertinggi.



Referensi :

http://solarmusik.blogspot.co.id/2011/11/struktur-dan-bagan-organisasi.html
http://v-ixio.blogspot.co.id/2013/10/bentuk-bentuk-bagan-struktur-organisasi_3.html

http://bumn.go.id/halaman/139/Struktur.Organisasi.dan.SDM

0 komentar:

Posting Komentar