Minggu, 02 Oktober 2016

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SISTEM TRANSPORTASI MOBIL TERBANG

Assalaamu’alaikum all, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya tentang mobil terbang. Langsung aja kita ke pemabahasannya.


PENDAHULUAN

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.

Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak hal yang menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan.

Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.

Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah melalui banyak gelombang perubahan.

Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada Teknologi, meskipun istilah “teknologi" belum digunakan. Dari masa ke masa teknologi cenderung selalu berkembang seiring dengan sifat manusia yang tidak pernah puas akan hasil penemuan teknologi sebelumnya. Begitu pula dibidang teknologi transportasi. Transportasi awal dimulai dari tenaga hewan seperti kuda, banteng dan sapi. Namun berkembangnya akal manusia menciptakan berbagai kemajuan dalam transportasi, diawali dengan ditemukannya tenaga listrik. Sehingga kini dapat kita jumpai berbagai alat transportasi, transportasi darat, udara dan laut.
Transportasi diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Proses pengangkutan merupakan gerakan dari tempat asal, dari mana kegiatan angkutan dimulai, ke tempat tujuan, kemana kegiatan pengangkutan diakhiri. Peranan transportasi sangat penting untuk saling menghubungkan daerah sumber bahan baku, daerah produksi, daerah pemasaran dan daerah pemukiman sebagai tempat tinggal konsumen. Beberapa pendapat tentang transportasi :
1. Steenbrink (1974), transportasi adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat-tempat yang terpisah secara geografis.
2. Menurut Morlok (1978),transportasi didefinisikan sebagai kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatudari suatu tempat ketempat lain.
3.  Bowersox (1981),transportasi adalah perpindahan barang atau penumpang dari suatu tempat ketempat lain, dimana produk dipindahkan ke tempat tujuan dibutuhkan. Dan secaraumum transportasi adalah suatu kegiatan memindahkan sesuatu (barang dan/ ataubarang) dari suatu tempat ke tempat lain, baik dengan atau tanpa sarana.


PEMBAHASAN

Teknologi transportasi adalah teknologi yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera dan otak manusia.
Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.
Perkembangan transportasi dalam sejarah bergerak dengan sangat perlahan, berevolusi dengan terjadi perubahan sedikit-demi sedikit, yang sebenarnya diawali dengan perjalan jarak jauh berjalan kaki pada jaman paleolithic. Sejarah manusia menunjukkan bahwa selain berjalan kaki juga dibantu dengan pemanfaatan hewan yang menyeret suatu muatan yang tidak bisa diangkat oleh manusia dan penggunaan rakit di sungai. Beberapa rekaman mengenai transportasi terekam dalam relief yang dipahat dibatu pada daerah Mesir Kuno dan daerah sekitarnya.


SEJARAH PERKEMBANGAN TRANSPORTASI

3500 SM         Penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern

3500 SM         Kapal pertama sekali dikembangkan

2000 SM         Kuda digunakan oleh manusia untuk transportasi

770                  Sepatu kuda digunakan untuk pertama sekali

1492                Leonardo Davinci membuat lebih dari 100 gambar rancangan pesawat terbang

1620                Cornelis Drebbel membuat kapal selam pertama

1662                Blaise Pascal menciptakan bus angkutan umum pertama yang ditarik kuda melayanai trayek tetap, berjadwal dan penerapan sistem tarif

1769                Mobil pertama yang digerakkan dengan mesin uap

1783                Kapal uap praktis pertama dikembangkan oleh Marquis Claude Francois de Jouffroy d'Abbans - yang menggunakan roda kayuh

1790                Sepeda pertama sekali ditemukan dan digunakan

1801                Lokomotif uap pertama yang ditemukan oleh Richard Trevithick yang kemudian disempurnakan oleh George Stephensen

1858                Jean Lenoir mengembangkan mobil pertama yang digerakkan dengan mesin dengan pembakaran dalam

1867                Sepedamotor pertama yang digerakkan dengan bahan bakar

1879                Werner von Siemens merancang dan mengembangkan kereta api listrik yang pertama

1885                Bens membuat kendaraan produksi pertama

1899                Ferdinan von Zeppelin menerbangkan pesawat balon udara pertama

1903                Orville and Wilbur Wright. pada tanggal 17 Desember 1903, Wright bersaudara membuat penerbangan pertama

1908                Henry Ford menerapkan sistem produksi ban berjalan untuk pembuatan mobil secara massal

1926                Roket berbahan bakar cair pertama diluncurkan

1932                Pemerintah Jerman membangun Autobahn/Jalan Bebas Hambatan pertama

1939                Pesawat terbang jet pertama Jerman diterbangkan atas dasar desain turbin yang dibuat Hans von Ohain ditahun 1936

1942                Helikopter yang didisain dan di produksi oleh Igor Sikorsky

1947                Pesawat supersonik pertama dterbangkan

1953                Kapal yang digerakkan dengan nuklir pertama diluncurkan


CONTOH TEKNOLOGI SISTEM TRANSPORTASI MOBIL TERBANG




Saya pertama kali melihat ide tentang mobil terbang dari film "Doraemon" dan juga film "Back to The Future", saya dibuat terkagum dengan teknologi tersebut. Sedikit tambahan, banyak sekali teknologi-teknologi yang pembuatannya terinspirasi dari dua film tersebut seperti Google Glass, TV LED, bahkan juga mobil terbang (dan tentunya masih banyak lagi).  Saat saya mendapatkan tugas tentang mencari teknologi terbaru dan tercanggih yang ada sekarang, saya sangat dikejutkan dengan adanya berita tentang mobil terbang asal Slovakia. Perusahaan perintis bernama Aeromobil asal Slovakia berhasil memproduksi sebuah mobil terbang. Bahkan, kini mobil yang akan berjalan di udara ini sudah selesai melakukan rangkaian ujicoba. Selama ini kita mungkin telah mendengar mobil yang bisa terbang, tapi masih dalam prototipe, AeroMobil merupakan salah satu produsen mobil yang bisa bertransformasi menjadi pesawat terbang yang prototipenya telah siap untuk dijual dan tak lama lagi digunakan untuk bepergian dalam dunia nyata (AeroMobil versi 3.0 telah mendekati produk final). Melansir CBC, CEO dan pendiri perusahaan Juraj Vaculik, seperti dikutip dari CNN mengatakan jika mobil dengan teknologi langka ini akan dijual ke konsumen di tahun 2017. “Kami percaya bahwa 2017, kita akan dapat memulai ini ke pasar,” katanya.




Model AeroMobil 3.0 tergolong keren baik dalam bentuk mobil atau saat bertranformasi menjadi pesawat terbang di mana sayapnya yang terlipat keluar sebagai mana pesawat terbang umumnya. AeroMobil 3.0 merupakan produk negara Slovakia dan merupakan hasil karya dari insinyur bernama Stefan Klein, dan telah mendapat sertifikasi Slovak Federation of Ultra-Light Flying di mana bulan ini akan menjalani test terbang reguler final. Walau dengan mobil kita bisa menjelajah ke mana-mana tapi keterbatasan infrastruktur di dunia terutama di negara-negara berkembang masih sangat kurang sehingga kehadiran mobil terbang ini akan sangat membantu kita untuk mencapai tempat yang tidak dimungkinkan kita capai sebelumnya. AeroMobil dilengkapi peralatan sebagaimana layaknya sebuah pesawat terbang seperti sistem autopilot dan parasut dan dapat mencapai kecepatan  124 mph dalam mode pesawat (100 mph dalam mode mobil). Publik kini tengah menantikan kehadiran mobil canggih ini karena disebut-sebut bisa menjadi solusi kemacetan yang sering terjadi di beberapa kota besar di dunia.


KELEBIHAN AEROMOBIL 3.0
  • Mengurangi kemacetan karena menggunakan jalur udara.
  • Memiliki jangkauan terbang 700 kilometer.


  • Menggunakan bahan bakar berupa bensin biasa.
  • Dilengkapi dengan sistem “autopilot” serta parasut yang secara otomatis akan terbuka jika pilot mengalami masalah.

  • Tidak membutuhkan sebuah bandara untuk lepas landas karena bisa lepas landas dimana saja.



KEKURANGAN AEROMOBIL 3.0
  • Ketika dalam keadaan biasa di darat bentuknya seperti mobil minimalis.

  • Untuk saaat ini, jenis mobil canggih ini hanya cocok untuk jalanan yang tidak ramai.
  • Masalah sayapnya yang terbuka melebar, memerlukan ruang banyak di kanan kirinya.


  • Hanya muat untuk dua penumpang saja.
  • Harganya akan dipastikan mahal.



SARAN
Dari pembahasan tadi, dapat kita simpulkan bahwa teknologi Aeromobil sangatlah canggih dan tentunya banyak sekali manfaatnya, namun selayaknya sesuatu yang dibuat manusia, pastinya memiliki kekurangan. Dan karena itulah saya selaku penulis materi ini ingin menyampaikan beberapa saran yang diharapkan dapat membangun teknologi ini agar menjadi lebih baik lagi. Adapun saran-saran tersebut adalah :
  • Yang saya perhatikan, Aeromobil masih menggunakan bahan bakar bensin selayaknya mobil biasa, dan karena itulah saya menyimpulkan bahwa masih ada resiko untuk penyebaran polusi, bahkan menurut saya polusi yang disebarkan bisa lebih berbahaya dari mobil lain pada umumnya karena Aeormobil beroperasi di udara, maka polusi yang dihasilkanpun lebih cepat menyebar, mungkin ada baiknya dibuat suatu sistem untuk mencegah polusi atau menggunakan bahan bakar yang tidak menghasilkan polusi.
  • Kapasitas untuk penumpang masih sangatlah sedikit, karena hanya bisa menampung dua orang saja, mungkin seharusnya Aeromobil ini atau perkembangannya, bisa dibuat agar bisa menampung lebih dari dua orang, sehingga bisa lebih berguna lagi.
  • Sistem sayapnya seharusnya bisa diperkecil lagi, agar tidak menggunakan banyak ruang.
  • Mungkin ada baiknya sistem Aeromobil yang selanjutnya bisa dipercangggih agar tidak memerlukan landasan sebelum terbang.
  • Dan yang pastinya, kalau bisa harganya dipermurah agar bisa dinikmati oleh banyak orang(termasuk saya, hhe).

REFERENSI :
http://fadliu.blogspot.co.id/2014/03/makalah-tentang-perkembangan-teknologi.html
http://www.seorangpelajar.com/2015/11/makalah-perkembangan-teknologi-komputer.html
http://shinicikira.blogspot.co.id/2013/02/perkembangan-teknologi-transportasi.html
http://desi-shinepeace.blogspot.co.id/2015/05/pengaruh-perkembangan-teknologi.html
http://www.otosip.com/
https://www.beritateknologi.com/





0 komentar:

Posting Komentar